Minggu, 14 November 2010

Sepatu Cibaduyut Diekspor ke Yaman

Yaman merupakan pasar ekspor potensial bagi produk sepatu dari sentra produksi Cibaduyut, Kota Bandung, disamping beberapa negara Timur Tengah lainnya. "Sebagian besar ekspor sepatu Cibaduyut Bandung masih ke Yaman, disusul ke Abu Dhabi dan Arab Saudi," kata Tcndy Junaedi, salah seorang pengurus dari komunitas produsen sepatu Cibaduyut, Bandung, Senin (12/7).

Menurut Tcndy, jumlah sepatu yang diekspor ke Yaman rata-rata mencapai tiga kontainer per tiga bulan. Ekspor dilakukan secara serentak bersama produk dari beberapa produsen sepatu di Cibaduyut. "Rata-rata setiappengrajin bisa mengekspor 7.000 pasang sepatu, umumnya mereka (importir) memesan untuk menggunakan merek dagang mereka sendiri," kata produsen sepatu bermerek Varanty itu. Meski permintaan ekspor masih mengalir, namun omzetnya masih jauh dibandingkan saat ekspor sepatu ke Timur Tengah masih jaya yakni pada pertengahan 1990-an.

Namun demikian, sejumlah pengrajin sudah mulai beroperasi kembali memproduksi sepatu, meski masih maklun dari para pengusaha sepatu yang lebih besar. "Sebagian besar memang maklun, namun sudah terjalin menjadi sentra produksi sepatu, jadi tidak memproduksi sendirian.Mereka mengerjakan secara berkelompok dan saling melengkapi," kata Tendy.

Menurut Tendy, kawasan Timur Tengah merupakan pelanggan tradisional produk sepatu Cibaduyut. Permintaannya untuk nomor-nomor besar, yakni nomor 44 ke atas. "Sebagian pesanan untuk produk sepatu laki-laki, namun sandal juga diminati di sana. Kadang kita pun bisa menjual dengan merek sendiri, namun kebanyakan menggunakan merek dagang mereka," katanya.Selain itu, para pengrajin sepatu Cibaduyut juga meningkatkan dan memperkuat di dalam negeri dengan masuk ke pasar-pasar modem maupun penjualan ritel. Ant/yg


Sumber: http://bataviase.co.id/node/293092


Kontak Peluang Usaha:

Alamat: Jl. TB Suwandi Lingkungan Perintis 3 Serang, Banten, Indonesia
Info SMS : 082112656518

Blog/FB/Page :
Sepatu, Sandal & Tas Cibaduyut (Blog)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar